Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya lengkap

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya Lengkap - Tanaman Bidara (Ziziphus mauritiana) atau dalam bahasa Arab disebut Sidr, adalah salah satu tanaman yang memiliki keistimewaan khusus karena disebutkan dalam Alquran dan Hadits dan sering digunakan dalam tradisi medis Nabi (Tibbun Nabawi).

Tanaman Bidara adalah jenis tanaman daerah kering dan memiliki pertumbuhan yang cukup cepat. Menurut beberapa sumber, tanaman bidara berasal dari Asia Tengah dan tersebar luas mulai dari Tunisia, Aljazair, Libya, Mesir, Uganda, Bangladesh, Cina, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, hingga Australia.

Selain menghasilkan buah yang bisa dimakan, tanaman bidara juga kaya manfaat. Hampir semua bagian tanaman ini seperti buah, daun, batang, hingga akarnya dapat dimanfaatkan. Mulai dari untuk furnitur, ruqyah, hingga sebagai obat. Berikut ini adalah beberapa manfaat bidara yang dirangkum admin dari berbagai sumber.



Faedah Bidara Daun dalam Islam

  • Daun bidara digunakan untuk memandikan jenazah
Daun Bidara mempunyai kunikan yakni apabila daun ini direndam di dalam air maka akan menghasilkan buih seperti sabun. Dan daun bidara ini digunakan secara meluas untuk membasuh orang yang sedang demam (sebagai terapi) serta digunakan untuk memandikan badan jenazah. Hal Ini sesuai dengan hadist yang Rasul jelaskan :

“Mandikanlah ia (jenazah, pen.) tiga kali, lima kali, atau lebih, dengan air dan daun bidara, dan pada yang terakhir campurlah dengan kapur barus. Maka apabila selesai, beritahukanlah kepadaku.” (Hr. Bukhari dan Muslim).
  • Manfaat untuk ruqyah / pengusiran jin
Menggunakan daun bidara bisa untuk mengusir jin. Yakni dengan cara mengambil 7 keping daun herbal dan ditumbuk dengan halus. kemudian campurkan dengan air dan bacalah surat al fatihah, ayat kerusi, surat al-falaq, dan ayat-ayat lain yang boleh mengusir jin. Selepas itu, minum air kepada orang yang mengalami gangguan Jin.

Sebagai Obat Herbal

  • Menjaga kesehatan jantung
Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya pertama kali dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai jenis penyakit jantung dan penyebabnya. Salah satu yang paling berpengaruh adalah gaya hidup kita. Karena itu, kita harus memiliki gaya hidup yang seimbang dan konsumsi daun bidara diyakini dapat mencegah dan mengatasi masalah jantung.
  • Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat kedua daun bidara dan cara menggunakannya diterapkan pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara diyakini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka, lecet, atau karena goresan.

Selain itu, daun bidara juga diyakini memiliki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan mencegah luka bakar meninggalkan bekas luka di kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan juga mempercepat regenerasi kulit.
  • Mengatasi gangguan tidur
Manfaat daun arab bidara selanjutnya adalah mengatasi gangguan tersebut. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi teh daun bidara. Teh daun bidara memiliki kandungan saponin sehingga dipercaya memberikan efek menenangkan sehingga bisa mengatasi masalah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur Anda.
  • Baik untuk sistem pencernaan
Manfaat bidara dan daunnya adalah menjaga sistem pencernaan. Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi langsung, dengan meminum rebusan daunnya, memakan buahnya, atau dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Bidara dapat membantu menghilangkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Berbagai risiko gangguan pencernaan bisa diatasi.
  • Mengurangi risiko diabetes
Manfaat daun bidara dan cara lain untuk menggunakannya adalah minum air matang dalam daun bidara secara teratur untuk mengurangi kadar gula darah. Penderita diabetes diharuskan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula lain untuk menstabilkan gula darah.

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes umumnya juga menjadikan herbal sebagai cara untuk mengontrol kadar gula darah. Daun bidara bisa menjadi salah satu pilihan obat herbal.
  • Obati wasir
Manfaat daun bidara keenam adalah mengatasi wasir. Penyakit ini bukan penyakit yang mematikan, tetapi sangat mengganggu dan juga menyiksa penderita. Cara menggunakan daun bidara untuk wasir bisa dengan meminum air matang secara teratur dan juga dengan mengoleskan daun bidara langsung pada anus yang  membengkak.
  • Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya selanjutnya adalah membuat masker daun bidara untuk menjaga kulit wajah.

Selain itu, bidara juga dapat membantu meremajakan kulit dan memberikan perlindungan kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah lebih optimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulit tetap terjaga.
  • Melakukan menstruasi
Manfaat daun bidara yang penting bagi wanita adalah mereka dapat memulai menstruasi. Daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang bisa menjadi penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur. Cara mendapatkan manfaat daun bidara adalah dengan menggunakan ekstrak daun bidara.
  • Bersihkan tubuh
Daun bidara juga bisa membersihkan tubuh lebih optimal. Inilah yang membuat daun bidara sering digunakan sebagai bahan utama sabun. Selain itu, daun bidara juga dipercaya membantu mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita.

Manfaat daun bidara untuk membersihkan daerah intim mungkin tidak jauh berbeda dengan manfaat daun sirih. Pada dasarnya daun bidara memang dapat digunakan sebagai antiseptik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel