Obat Alami Dari Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia (christm) Suringle) merupakan tanaman dari keluarga jeruk - jerukan. Seperti jeruk biasa, rasanya segar manis asam, akan tetapi rasa dari jeruk nipis ini sangat asam tanpa ada rasa manis. Dan tanaman ini banyak kita temukan di wilayah Asia seperti di Indonesia. Bergai manfaat dari jeruk nipis ini mulai dari kuliner sampai bahan obat bisa kita olah.

jeruk nipis

Seputar tips kesehatan bagi sahabat sailmu, kali ini saya akan membagikan khasiat atau resep dari Jeruk Nipis. Apa saja manfaatnya mari kita simak penjelasan dibawah ini.

5 Manfaat dari jeruk nipis :

1. Obat Batuk
Apabila kita terkena Batuk jeruk nipis bisa dijadikan sebagai obat batuk. Adapun cara membuat obatnya Jeruk nipis diperas dan dicampurkan dengan madu atau kecap. Keemudian diminum minimal 2x sehari sampai batuk sembuh.

2. Mengatasi Demam
Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk meredakan demam. Dengan bahan - bahan berikut ini :

  1. Sediakan daun jeruk nipis segar 5 helai
  2. Daun sembung segar 3 helai
  3. Daun prasman segar 5 helai
  4.  Air secukupnya
  5.  Di buat secara dipipis atau diseduh, minum 1 hari sekali

3. Nyeri tenggorokan
Apabila kita sering atau mengalami sakit tenggorokan jeruk nipis bisa menjadi solusi untuk mengobatinya. Dan berikut ini adalah cara meringankan nyeri pada tenggorokan :

  1. Jeruk nipis 1 iris
  2. Sedikit kapur sirih
  3. Oleskan kapur sirih pada Jerik nipis, kemudian panaskan di atas api kecil. Lalu peras dan minum 2x sehari. Di ulang sampai 3 hari

4. Mengurangi Lemak
Kandungan yang dimiliki seperti asam sitrat pada jeruk nipis, dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi. Lemak yang banyak dan tidak termetabolisme oleh tubuh dapat menimbulkan berat badan bertambah. Untuk mengoptimalkan khasiat dari jeruk nipis kita harus rajin berolah raga dan minum jeruk nipis untuk hasil yang baik.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Sehingga tubuh akan terjaga dari penyakit.

Penutup
Diatas merupakan sebagian kecil khasiat atau manfaat dari Jeruk nipis yang kita tau, dan mungkin masih banyak lagi manfaat atau khasiat lainnya. Semoga dengan sedikit tips kesehatan dari jeruk nipis diatas, bisa memberikan kita pengetahuan seputar khasiat yang ada di jeruk nipis.

Belum ada Komentar untuk "Obat Alami Dari Jeruk Nipis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel