Inilah Manfaat Buah Ciplukan Yang Tidak Kita Ketahui

Buah ciplukan atau ceplukan merupakan buah kecil yang apabila matang tertutup oleh kelopak bunganya. Buah ini di berbagai daerah memiliki sebutan yang berbeda, ada yang menyebutnya cecenet atau cecendet dalam bahasa sunda. Dan tukah anda, bahwa buah ini merupakan nuah yang berasal dari wilayah Amerika dan sudah tersebar luas ke seluruh wilayah tropis di dunia.
Buah Ciplukan

Buah ini bisa kita temukan di kebun-kebun, pekarangan, pinggir jalan, atau di sekitar rumah kita. Buah ini memiliki rasa asam, manis, dan agak sesikit pahit. Banyak yang mengira bahwa buah ini hanya buah yang tidak terlalu banyak memberikan manfaat. Dalam penelitian baru-baru ini bahwa buah ciplukan ini memiliki banyak khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita.

Dan ternyata buah ini memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran, dan bahkan buah yang satu ini sudah ada di mal-mal dengan harga yang cukup tinggi. Mahalnya buah ini tentu mengandung manfaat penting bagi tubuh kita. 

Kandungan Buah Ciplukan
Berikut ini beberapa kandungan aktif yang terdapat pada buah ciplukan : flavonoid, fisalin, saponin, dan polifenol. Dan inilah beberapa detail kandungan yang di bagi beberapa bagian dari buah ciplukan :
1. Daun : glikosida flavonoid
2. Biji : protein, minyak lemak, asam palmitat dan asam stearat
3. Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, dan Withangulatin A.
4. Akar : alkaloid
5. Tunas : Flavonoid dan Saponin

Manfaat Buah Ciplukan

1. Mengobati Penyakit Epilepsi atau Ayan
Buah anda yang memiliki teman atau saudara yang mrngalami penyakit ayan. Cobalah konsumsi buah ciplukasn ini sebanyak 9 - 15 buah ciplukan dalam sehari. Buah ciplukan sendiri dipercaya dapat mengobati oarang yang mengidap penyakit epilepsi.

2. Mengobati Jantung
Untuk mengobati masalah jantung kita bisa gunakan daun buah ciplukan untuk obat herbalnya. Yakni dengan cara di jus. Kumpulkan 40 helai daun ciplukan kemudian cuci hingga bersih setelah itu di jus tanpa menggunakan bahan lain. 

3. Atasi Influenza
Gunakan 2 batang pohon ciplukan kemudian rebus dalam 2 gelas air. Lalu saring kemudian di minum tiap hari sampai kondisi membaik.

4. Obat Diabetes
Untuk pengidap diabetes bisa menggunakan akar ciplukan sebagai obatnya. Adapun cara membuatnya yaitu cari akar buah ciplukan yang sudah tua, kemudian cuci hingga bersih. Rebus kedalam 3 gelas air. Tunggu sampai menyisakan 1 gelas air. kemudian saring dan minum tiap hari.

5. Obat Borok
Jika anda memiliki luka borok pada kulit. Anda bisa menggunakan daun ciplukan untuk mengobatinya. Yakni dengan cara, tumbuk daun ciplukan dan kapur sirih kemudian oleskan pada bagian luka.

6. Cegah Kanker
Kanker bisa kita cegah dengan mengkonsumsi buah ini. Karena kandungan antioksidan pada buah ciplukan dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan timbulnya sel kanker.

7.  Obat Darah Tinggi
Darah tinggi jangan kita anggap remeh. Kita harus segera mengobatinya. Buah ciplukan dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kita dimana buah ini bisa menurunkan tekannan darah kita sehingga tetap normal.

Demikian manfaat dari buah ciplukan yang bisa di bahas pada artikel kali ini semoga menambah wawasan dan bisa bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Inilah Manfaat Buah Ciplukan Yang Tidak Kita Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel