Manfaat Kangkung dan Kandungan di dalamnya

Ada yang tau kangkung ? Tentu saja kangkung sudah tidak asing lagi khususnya untuk dikalangan pedesaan. Karena kita bisa mendapatkannya dengan mudah, kangkung biasanya terdapat di sawah, rawa, pekarangan, atau sungai.

kangkung

Dari jenis kangkung yang ada kangkung terdapat 2 jenis yang tumbuhnya sedikit berbeda. Pertama kangkung yang berada di darat atau batangnya tidak menjalar, dan kedua kangkung air yang menjalar atau merambat.

Asal Usul Kangkung
Kangkung berasal dari wilayah India, kemudian menyebar ke Asia, Afrika maupun Australia. Sudah banyak yang membudidayakan kangkung terutama kangkung darat. Dan penanaman kangkung sendiri tidak membutuhkan waktu yang sangat lama, dengan waktu selama 6 minggu kita bisa memanennya. Di Indonesia kangkung sudah banyak yang membudidayakannya karena dengan harganya yang murah. Banyak olahan kangkung untuk dijadikan sebagai bahan kuliner atau bahan utama masakan. Baik itu untuk pecel, lalap, atau tumis kangkung.

Kandungan Gizi Pada Kangkung
Perlu anda ketahui kangkung memiliki kandungan yang begitu bermanfaat. Ada sejumlah zat yang terdapat di dalamnya diantaranya : Protein,  Vitamin A, Lemak, Karbohidrat, Fosfor, Zat besi, Kalsium, dan B kompleks. Sehingga dengan mengkonsumsi kangkung minimal kita bisa memiliki asupan gizi dengan harga murah namun manfaat yang tinggi.

Manfaat Kangkung Bagi Tubuh :

1. Mencegah Diabetes
Kandungan atau Zat yang ada pada kangkung dapat menyerap kelebihan gula dalam darah. Sehingga kita bisa mencegah diabetes dengan mengkonsuminya.

2. Mencegah Anemia
Apabila kita mesara lemas, lesu, pusing mungkin anda mengalami anemia atau kekurangan darah. Zat besi yang ada pada kangkung dapat merangsang produksi sel darah merah pada tubuh kita. Sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

3. Menjaga Imun Tubuh
Kangkung merupakan sayuran hijau yang merupakan salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan mengkonsumi sayuran hijau kita bisa meningkatkan sistem Imun kita.

4. Mencegah Bau Mulut
Apabila kita mengalami bau pada mulut, kita tidak perlu takut karena kita bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi kangkung. Karena kangkung memiliki kandungan minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut

5. Baik Untuk Ibu Hamil
Apabila kita mengalami nyeri ketika haid, maka kangkung dapat mengurangi rasa nyeri tersebut dengan cara menumbuknya lalu ditambah air hangat. Kemudian tumukan kangkung di saring dan campurkan dengan madu supaya untuk memberikan rasa manis.

7. Baik Untuk Mata
Kandungan Vitamin A pada kangkung, bisa memberikan khasiat untuk kebaikan pada mata kita, Sama seperti Daun Bayam atau sayuran lainnya.

Khasiat diatas merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat dari kangkung. Semoga dengan pembahasan artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kangkung dan Kandungan di dalamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel