Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Lidah Buaya
Lidah buaya atau nama latinnya dikenal dengan Aloe Vera merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal oleh nenek moyang kita selama ribuan tahun silam dan lidah buaya ini digunakan untuk penyembuhan pada luka, penyubur rambut, untuk perawatan pada kulit dan masih banyak yang lainnya. Tumbuhan ini dapat kita temukan di Indonesia, asia, bahkan di kawasan kering seperti afrika sekalipun. Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini, bahkan lidah buaya dijadikan sebagai salah satu tanaman hias rumah.

Dengan bertambahnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan baku industri untuk pembuatan kosmetik, farmasi, maupun bahan makanan dan minuman kesehatan. Lidah buaya ini termasuk kedalam 10 dari tanaman yang terlaris di Dunia untuk dikembangakan sebagai tanaman obat dan bahan baku industry.

Zat – zat yang ada pada Lidah buaya

Dari hasil penelitian terhadap lidah buaya, tanaman ini memiliki kaya akan kandungan zat seperti enzim, mineral, asam amino, vitamin, polisakaridan dan zat – zat lain yang terntunya bermanfaat bagi tubu kita. Brikut ini adalah manfaat dari lidah buaya yang perlu kita ketahui.

Manfaat bagi kesehatan :

1.       1. Meningkatkan sistem Imun
Pada tanaman lidah buaya terdapat antioksidan dan vitamin yang dapat membatu tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat memberikan manfaat untuk daya tahan terhadap penyakit yang ada ditubuh kita.

2.       2. Sebagai obat luka bakar
Getah yang berbentuk jel atau jellu pada lidah buaya ini dapat sebagai salep dan bisa digunakan sebagai obat luka bakar.

3.       3. Dapat menetralisisr racun
Kandungan yang ada pada lidah buaya sangat berguna untuk menetralisir racun yang ada ditubuh kita. Adapun untuk mengkonsumsinya kita bisa Jus lidah buaya

4.       4. Mengobati gangguan pencernaan
Selain untuk menetralisir racun lidah buaya juga dapat digunaan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Karena lidah buaya bagus untuk mengatasi refluks asam dan menenangkan esafogus.

5.       5. Mengobati Wasir
Selain 4 manfaat di atas Lidah buaya dipercaya dapat mengobati wasir

Manfaat bagi Kecantikan :

1. Obat Jerawat
Lidah buaya mengandung zat hormone giberelin dan auksin yang dapat mengatasi jerawat. Karena zat ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat membantu tubuh untuk menumbuhkan sel – sel baru pada kulit.

2. Sebagai Pelembab
Getah lidah buaya dapat digunakan untuk menjadi pelembab pada kulit wajah, terutama pada pria yang memiliki kult berminyak.

3. Mngatasi Penuaan
Vitamin C, E, dan Beta karote dapat membatu untuk memerangi tanda penuaan pada wajah. Kita cukup oleskan getah lidah buaya pada wajah sebagai masker wajah.

4. Mengatasi Masalah Kulit
Karena lidah buaya juga dapat menghilangkan pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit. 

Demikian pembahasan artikel mengenai lidah buaya semoga bermanfaat  !

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel