6 Macam Makanan Pokok Yang Bisa Kita Konsumsi

Makanan pokok mungkin sudah kita tidak asing lagi. Makanan pokok merupakan makanan utama ketika kita makan dan tentunya harus ada setiap kita makan. Dan berikut ini saya akan memberikan penjelasan mengenai 6 macam makanan pokok yang bisa kita konsumsi. 

1. Padi
Makanan pokok yang satu ini memang yang paling banyak dikonsumsi. Hampir setiap orang di Indonesia menggunakan padi sebagai bahan utama makanan pokok.

Padi ( Nasi)

Dan padi yang sudah kita masak dinamakan nasi. Nah, nasi ini lah sebagai menu utama makanan kita. Selain nasi kita bisa menambahkan lauk pauk lainnya sebagai bahan pelengkap makan kita. 

Tapi ingat ya, bagi anda yang menderita diabetes jangan terlalu banyak makan nasi, karena nasi mengandung banyak gula. 

2. Sagu
Sagu

Sagu merupakan salah satu makanan pokok. Dan khususnya untuk wilayah Indonesia timur sagu digunakan sebagai bahan utama untuk makanan pokok mereka. Seperti wilayah papua. Sagu bisa kita ambil dari batang pohon sagu. Dan memang pohon sagu merupakan salah satu manan pokok yang pohonnya lebih besar dibandingkan dengan lainnya dan bentuknya pun hampir sama seperti pohon kelapa.

3. Jagung
Jagung
Jagung bisa dijadikan bahan alternatif nasi atau makanan pokok lainnya. Sebab jagung bisa kita jadikan sebagai makanan pokok serta sebagai bahan pembutan roti. Jagung juga memiliki kandungan karbohidrat yang tentunya dapat mengenyangkan perut kita. 

4. Kentang
Kentang

Bagi anda yang mengidap diabetes kentang merupakan salah satu cara alternatif makanan pokok pengganti nasi. Karena kentang tidak memiliki kandungan gula yang banyak seperti nasi.

5. Singkong
Singkong

Yang terakhir adalah singkong. Buat anda yang ingin makan kenyang tapi murah. Bisa konsumsi singkong. Namun singkong tidak enak bila di sajikan dengan lauk pauk. Karena singkong lebih enak jika di makan langsung. Olahan singkong bisa berupa singkong goreng, singkong rebus, atau singkong bakar. 
Dan tenti bisa kita manfaatkan lainnya untuk bahan olahan kuliner dan sebagai bahan pembuatan tepung.

6. Gandum
Gandum

Makanan pokok yang satu ini hampir sama seperti padi atau jagung. Dan gandum meeupakan bahan utama pembuatan roti. Dan di luar negri gandum merupakan makanan pokok yang mereka konsumsi. Seperti halnya di kita nasi.


Itulah 6 macam makanan pokok yang bisa dibahas pada artikel kali ini. Dan mungkin ada beberapa makanan pokok lainnya yang tidak dibahas pada artikel kali ini. Semoga dengan sedikit informasi ini bisa menambah wawasan baru kita. Terima Kasih

Belum ada Komentar untuk "6 Macam Makanan Pokok Yang Bisa Kita Konsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel